Selasa, 03 Agustus 2021

Simak Pentingnya Publikasi Ilmiah untuk Dosen dan Mahasiswa

 

Sumber gambar: Freepik.com

Istilah publikasi ilmiah tentunya tidak asing di telinga para akademisi seperti dosen, peneliti, perguruan tinggi, ataupun mahasiswa. Singkatnya, publikasi ilmiah adalah sebuah tulisan yang telah melalui proses penelitian dan pengkajian data dari para ahli di bidangnya, hingga akhirnya tulisan tersebut layak untuk terbit di jurnal nasional maupun internasional sebagai pengembangan ilmu pengetahuan baru.

Bukan hanya dosen yang merupakan praktisi akademisi yang perlu melakukan publikasi ilmiah, para mahasiswa khususnya mereka yang sedang berada di tingkat akhir juga biasanya diwajibkan mempublikasikan skripsi, tesis, atau disertasi dalam bentuk jurnal ilmiah yang merupakan salah satu syarat kelulusan. Namun, bukan hanya sebagai prasyarat semata, publikasi ilmiah juga dilakukan untuk masa depan bangsa. Simak penjelasan lebih lanjut mengapa publikasi ilmiah penting bagi para dosen ataupun mahasiswa.

Berkontribusi untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Tanpa adanya publikasi ilmiah, ilmu pengetahuan tidak akan berkembang. Terlebih, kita hidup di zaman di mana riset sudah sangat maju dan terus berkembang. Proses pengembangan ilmu pengetahuan diperlukan media untuk menyampaikan informasi-informasi yang dapat digunakan sebagai referensi dasar dalam pengembangan bidang ilmu tertentu. Dengan demikian, pengembangan ilmu pengetahuan yang diuraikan melalui publikasi jurnal ilmiah diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan agar berkembang.

Memperdalam Pemahaman Bidang Ilmu Tertentu

Saat menulis artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmu yang dipilih, diharuskan untuk membaca banyak referensi. Referensi ini bisa didapat dari berbagai sumber, mulai dari jurnal, buku, artikel yang sumbernya terpercaya, dan lainnya. Dengan banyaknya sumber yang dibaca, wawasan di bidang keilmuan yang sedang digali akan secara otomatis meningkat.

Pembuktian Kompetensi & Portfolio

Seorang dosen sekaligus peneliti harus produktif dalam menghasilkan publikasi jurnal ilmiah sebagai bukti utama orisinalitas penelitian yang nantinya akan menjadi penilaian pada akreditasi prodi, universitas atau lembaga pendidikan. Bukan hanya itu, publikasi ilmiah dapat menjadi modal rekam jejak kompetensi peneliti sebagai akademisi. Untuk mahasiswa, selain sebagai syarat kelulusan untuk menyandang gelar sarjana, publikasi ilmiah bisa menjadi portfolio jika ingin mendaftar beasiswa atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Syarat Kelulusan & Kenaikan Pangkat

Publikasi jurnal ilmiah merupakan salah satu syarat kenaikan pangkat dosen dan syarat kelulusan bagi mahasiswa untuk menyandang gelar sarjana. Seorang dosen diwajibkan untuk meneliti dan melakukan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan jumlah publikasi ilmiah sebagai syarat untuk naik pangkat. Publikasi ilmiah tentunya sangat bermanfaat bagi jabatan fungsional dosen yang nantinya akan menentukan tingkat akreditasi prodi dan universitas.

Mengingat betapa pentingnya publikasi ilmiah bagi para praktisi akademisi dan mahasiswa, Neolectura hadir untuk mendampingi proses penulisan hingga penerbitan dan memberikan edukasi terkait dunia kepenulisan di bidang publikasi ilmiah profesional. Bukan hanya itu, Neolectura dipercaya untuk menerbitkan buku ber-ISBN dan nomor identitas buku yang diakui di ranah internasional serta telah berhasil menerbitkan berbagai macam hasil karya seperti buku, jurnal, majalah, dan website yang diharapkan selalu menghadirkan sumber ilmu baru bagi siapa pun. 


Article by: Tri Anita Rahayu
Contact Us
PT Naraya Elaborium Optima