Selasa, 03 Agustus 2021

Ikuti Tips Ini Sebelum Melakukan Publikasi di Jurnal Ilmiah

 

Sumber foto: Freepik.com

Jurnal ilmiah atau karya ilmiah merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi para praktisi akademisi, khususnya dosen, peneliti, bahkan mahasiswa. Begitu juga dengan publikasi karya ilmiah yang merupakan tempat pengetahuan rumpun ilmu sebagai media publikasi ilmiah.


Mengingat betapa pentingnya jurnal untuk dipublikasikan, mungkin beberapa dari pembaca penasaran bagaimana cara publikasi jurnal ilmiah. Sebelum melakukan publikasi jurnal, ada baiknya mempersiapkan sebaik mungkin. Ikuti beberapa tips berikut yang bisa kamu lakukan.


1. Orisinil atau tidak plagiat

Dalam menerbitkan jurnal atau tulisan ilmiah, keaslian karya merupakan hal yang sangat penting, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Jurnal ilmiah yang mengandung unsur plagiarisme akan mendapatkan konsekuensi negatif. Oleh karena itu, sebelum melakukan publikasi jurnal, pastikan tidak ada unsur plagiarisme di dalam tulisanmu. Melakukan parafrase adalah salah satu cara untuk terhindar dari plagiarisme. Selain itu, kamu juga bisa mengecek tulisan ilmiah dengan beberapa aplikasi yang sudah cukup akurat dan banyak digunakan orang, seperti Turnitin.  


2. Topik terkini

Sebelum melakukan publikasi ilmiah, penting untuk memerhatikan kesesuaian bidang ilmu antara naskah kita dengan penerbit jurnal. Bukan hanya itu, pastikan juga naskah yang ditulis sesuai dengan perkembangan ilmu terkini. Usahakan naskah yang akan dipublikasikan adalah hasil dari penelitian sendiri yang dilakukan dengan maksimal waktu 5 tahun sebelum dipublikasikan. Sebagai contoh, jika publikasi dilakukan pada bulan Desember 2021, maka penelitian dilakukan antara tahun 2016-2021 karena akan lebih baik jika hasil penelitian sesuai dengan kondisi terbaru saat itu.


3. Sesuai dengan aturan jurnal

Pastikan tulisan ilmiah yang akan dipublikasikan sudah mengikuti aturan atau format yang ditentukan oleh pengelola jurnal. Sebaiknya baca terlebih dahulu petunjuk yang harus dilakukan sebelum mempublikasikan di jurnal ilmiah, karena setiap jurnal memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, aturan tersebut berupa format yang digunakan, kesesuaian template, tidak ada unsur plagiarisme, serta bahasa yang digunakan. Jika jurnal yang akan dipublikasikan menggunakan bahasa Inggris, harus dipastikan grammar yang digunakan sudah benar.


Article by: Tri Anita Rahayu 

Contact Us
PT Naraya Elaborium Optima