Rabu, 04 Desember 2019

Diklat dan Ujikom Bersertifikasi Internasional bersama Neolectura
Neolectura bekerja sama dengan LSP CWI akan melakukan pendidikan dan pelatihan (diklat) serta uji kompetensi (ujikom) profesi bidang pariwisata di Desember ini.


Selasa (3/12), Neolectura memberikan awareness terkait uji kompetensi profesi berstandar ASEAN. “Pada lingkup profesi pariwisata, contohnya, tenaga kerja yang bekerja wajib bersertifikat kompetensi sesuai PERMEN PAR No. 19 Tahun  2016,” ungkap Nicky Rosadi, founder Neolectura yang juga pemegang sertifikat kompetensi pariwisata.

Awareness ini diharapkan dapat menjadi trigger bagi teman-teman, khususnya yang berada di lingkungan pariwisata, untuk compliance dengan regulasi yang sudah mewajibkan sertifikasi kompetensi profesi tertentu.

“Kami tetapkan untuk melaksanakan diklat dan ujikom pada Desember ini. Skema yang akan dilaksanakan yaitu skema Pemandu Wisata, Event Registration, dan Marketing Communication. Targetnya adalah para mahasiswa, dosen, praktisi, juga generasi milenial yang diharapkan mereka nantinya memiliki modal kerja berstandar ASEAN,” lanjut Hamzah Robbani, founder Neolectura sekaligus asesor kompetensi.

Perlu diketahui, sertifikasi profesi bidang pariwisata yang akan dijalani ini telah melalui ASEAN Qualification Reference Framework. Hal ini berarti, dengan mengikuti uji kompetensi (ujikom) di  Lembaga Sertifikasi Profesi Cakra Wisata Indonesia (LSP CWI), asesi (peserta ujikom) yang diakui kompeten berhak menerima sertifikasi yang berlaku dalam lingkup ASEAN. “ini kesempatan yang luar biasa baik bagi kita semua. Kami, dari Neolectura, memfasilitasi adanya diklat dan ujikom sebagaimana Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang KKNI,” tandas Nicky.

Agenda awareness ini dihadiri oleh manajer sertifikasi LSP CWI Bapak Ary serta perwakilan dari Perkumpulan Pegiat Pariwisata Perhotelan MICE, Traveldan Restoran Indonesia (P4MTRI) Chef Fajar. “Kami akan fasilitasi teman-teman dari kalangan akademisi dan anak muda yang tergabung dalam Neolectura ini akan menjadi seseorang yang kompeten dengan pelaksanaan proses ujikom yang sesuai prinsip assessment,“ tandas Chef Fajar. red
Contact Us
PT Naraya Elaborium Optima